Pengertian Haji



    Dalam postingan saya kali ini adalah mengenai Haji, yang merupakan Rukun Islam yang ke 5 atau yang terakhir.Hal pertama dalam artikel ini adalah makna dan pengertian Haji.. 

     Haji merupakan rukun Islam yang kelima setelah syahadat, shalat zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di arab saudi ( mengunjmungi Ka'bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan serangkaian ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan ), pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijah ). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

      Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Dzulhijjah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul  Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji in

     Semoga bermanfaat.***