Perkiraan NU Mengenai Awal Puasa Ramadhan



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Liputan6.com, Jakarta: Nahdlatul Ulama (NU) memperkirakan awal bulan Ramadan 1433 H atau awal puasa tahun ini jatuh pada Sabtu (21/7). "NU telah memprediksi awal Ramadan, namun bukan berarti NU telah menetapkan tanggal itu. Ini penting disampaikan," kata Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A Ghazalie Masroeri di Jakarta, Rabu (18/7) malam.
Prediksi bahwa tanggal 1 Ramadan 1433 H jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012 tersebut juga tertuang dalam Almanak PBNU yang diterbitkan Lajnah Falakiyah. Kiai Ghazalie mengatakan, prediksi tersebut diambil berdasarkan perhitungan menggunakan metode ilmu hisab yang paling modern. "NU menggunakan hisab yang tahkiki, tadzkiki, ashri," kata Kiai Ghazalie.
Berdasarkan hisab modern, posisi hilal pada saat dilakukan rukyatul hilal pada Kamis (19/7) mendatang atau 29 Sya`ban 1433 H baru berada pada ketinggian 1 derajat 38 menit di atas ufuk. Maka hilal dinyatakan belum "imkanur rukyat" atau belum bisa dilihat sehingga tidak mungkin dapat dirukyat.
Menurut Kiai Ghazalie, negara-negara yang tergabung dalam MABIM (Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam) menetapkan 2 derajat sebagai batas minimal visibilitas pengamatan. "Itu pun oleh pakar astronomi masih mau dinaikkan menjadi 4 derajat," katanya.
Secara astronomis, lanjutnya, hilal (bulan sabit) tidak mungkin bisa diamati jika masih berada di bawah batas visibilitas pengamatan. Dengan demikian almanak PBNU menggenapkan bulan Syaban menjadi 30 hari berdasarkan kaidah istikmal.
Meski demikian, Lajnah Falakiyah tetap akan melakukan rukyatul hilal di beberapa titik di Indonesia karena untuk penentuan awal Ramadhan 1433 H NU tetap mengambil keputusan berdasarkan hasil rukyat. Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama juga mengimbau warga NU untuk menunggu hasil rukyatul hilal yang akan diselenggarakan Kamis (19/7) petang. (Ant/ARI)

Sumber : Yahoo!News